Wednesday, May 18, 2016

PRODUCTIVE DAY


Akhir akhir ini keinginan saya untuk menulis sedang bagus. Bawaannya pengen buka laptop atau pegang pena dan buku lalu menulis. Barangkali penyebabnya karena saya sudah cukup lama cuti terhitung dari satu bulan sebelum HPL (Hari Perkiraan Lahir) yakni 19 maret 2016 sampai hari ini 18 mei 2016 itu berarti sudah 2 bulan dan masih tersisa 2 bulan lagi donk hehe, kenapa tersisa 2 bulan lagi, karena jatah cuti kan 3 bulan, harusnya 19 juni saya sudah harus kembali kerja tapi karena tanggal 19 juni adalah hari pertama libur semester siswa sekolah yang mana gurunya pun akan ikutan libur, maka cuti saya diperpanjang sampai berakhirnya libur semester (satu minggu setelah lebaran - 16 Juli 2016) hehe.


Nara ( 1 month )

Tapi semangat menulis gak gampang terealisasi gitu aja. Abiy yang sudah selama 2 bulan ini melihat mamanya ada terus dirumah jadi bikin doi manjanya bukan main. Setiap saat ngintil dibelakang mama, apa apa maunya mama, gak lihat mama sebentar aja langsung nyari, gak bisa lihat mama ngelakuin hal lain pengennya bantuin (aka gangguin) terus, kalo sampe lihat mama pegang laptop bisa langsung dibajak sama dia, atau lihat mama pegang pena dan buku, bisa langsung minta dibikinin gambar pesawat atau robot hehe. Sejak Nara lahir Abiy pun semakin banyak gayanya, tidur siang berubah jadi tidur sore, tidur malam bisa diatas jam 9, salah dikit ngambek (kayak yang diceritain disini), kalo makan mesti dirayu pake rayuan pulau kelapa, lihat mama ngurusin adek kalo moodnya lagi gak bagus bisa ngambek sambil tarik tarik mama, jadiii intinya Saya lagi dikasih training kesabaran banget hehe. Nah yang kayak kayak gini yang bikin saya jarang banget punya kesempatan buat nulis, pas Nara tidur, Abiy gak tidur, pas Abiy tidur, Saya sudah kecapekan.

Punya 2 anak menyadarkan saya untuk mengatur kembali manajemen waktu saya. Punya 1 anak saja saya masih suka keteteran. Berikut beberapa cara mulai saya terapkan demi mengatur waktu secara disiplin :

Membuat ‘’to do list”
Saya menyusun kegiatan yang harus dikerjakan setiap harinya atau dalam kurun waktu seminggu sekali. Dengan mendata hal hal yang ingin saya lakuin membuat saya lebih focus terhadap planning yang sudah saya buat

Menentukan skala prioritas
Setelah mendata hal apa saja yang ingin saya kerjakan pada hari itu, saya membuat skala prioritas dengan menentukan mulai dari kegiatan mana yang sangat penting untuk dikerjakan lebih dulu

Delegasi
Jangan ragu untuk meminta pertolongan pada orang lain. Misalnya ada pekerjaan yang tidak sanggup saya kerjakan sendiri maka saya akan meminta bantuan pada orang lain misalnya menitipkan Abiy dan Nara  pada orang tua, adik, atau ipar sementara saya mengerjakan pekerjaan saya.

Jangan menunda pekerjaan
Fokus dan tidak menunda pekerjaan adalah salah satu kunci suksesnya. Menunda pekerjaan berarti membuat pekerjaan semakin banyak.

Bangun lebih pagi dan tidur tidak larut malam
Bangun pagi membuat pikiran saya jadi lebih fresh dan siap menjalani hari dengan semangat, dan penuh inspirasi. Pada malam harinya saya juga berusaha untuk segera tidur ketika anak anak tidur. Saya selalu berusaha untuk cukup tidur karena kurang tidur membuat  otak dan tubuh lelah sehingga mengganggu konsentrasi dalam mengerjakan pekerjaan dan tentu saja dapat merusak mood.
Seperti pagi ini, saya sudah bangun lebih awal, menyusui dan memandikan Nara, sebelum mandi Nara sempat berjemur dulu sekitar 15 menit, setelah Nara segar dan kembali tidur lagi, saya menemani Abiy makan sambil menikmati cheese cake greentea lumer buatan adik.



Semenjak menerapkan pola diatas saya merasa lebih produktif dan bahagia. Kedepannya saya berusaha untuk lebih konsisten menerapkan pola ini. Do you have your perfect productive day ?

No comments: