Monday, May 16, 2016

BASIC SKINCARE

source : youtube.com
Sebenarnya Saya termasuk tipikal orang yang gak suka ribet soal penampilan, jarang dandan kecuali kalo ke pesta aja, apalagi kalo masalah skincare sama sekali gak peduli. Tapi 1 tahun terakhir ini saya mulai peduli dengan yang namanya skincare, alasan utamanya adalah karena tahun ini dah memasuki usia 30 hehe. Kata orang usia 30 adalah usia dimana wanita bisa dibilang gak boleh main main lagi mengenai urusan ngerawat kulit, mau kulit wajah maupun badan, apalagi urusan ngerawat kulit bisa dibilang investasi masa depan. Kalo kulit sehat dan cantik, selain memanjakan diri sendiri, tentu saja bikin suami senang dan tambah cinta ya kan hehe.


Dari hasil baca beberapa blog kecantikan, saya baru tau kalo urutan merawat wajah itu panjang banget . Pada dasarnya ada 4 tahapan dasar dalam perawatan wajah atau yang dikenal dengan basic skincare, yang pertama dimulai dari
1. Cleanse  
Cleanse alias membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan skincare. Kalo wajah bersih maka wajah akan siap menyerap seluruh kandungan dari rangkaian skincare yang kita pake. Ada bermacam macam cleanser antara lain
* Micellar water, yakni pembersih wajah yang bentuknya seperti air tapi tidak perlu kita bilas lagi
* Cream, oil, gel, atau milk cleansing. Untuk kulit kering dianjurkan menggunakan yang cream, untuk kulit normal kombinasi biasanya gel, sedangkan untuk kulit berminyak menggunakan bentuk oil.
* Facial wash cleanser yang biasanya umum digunakan berbentuk sperti cream
* Facial foam cleanser teksturnya foam atau busa
2. Tone
Setelah membersihkan wajah, dilanjutkan dengan menggunakan toner. Toner berfungsi mengangkat sisa sisa kotoran yang belum terangkat pada proses cleansing tadi, selain itu fungsi toner adalah menormalkan pH wajah sehingga wajah siap untuk menerima skincare selanjutnya.
Akhir akhir ini saya baru tau kalo toner itu ada 2 jenis, yaitu
*Exfoliating toner, berfungsi mengangkat sel kulit mati
*Hydrating toner, setelah menggunakan exfoliating toner sebaiknya dilanjutkan dengan menggunakan hydrating toner yang fungsinya adalah memberi hidrasi pada kulit, agar kulit tidak kering setelah pemakaian exfoliating toner karena exfoliating toner ini bersifat mengeringkan wajah
3. Moisturize
Moisturizer atau pelembab juga banyak jenisnya seperti serum, hydrating lotion, emulsion, oil dan cream. Selain wajah, daerah sekitar mata, dan bibir pun jangan lupa diaplikasikan pelembab.
4. Sunscreen
Sunscreen atau tabir surya ini penting banget untuk melindungi kulit wajah kita dari sinar matahari. Sunscreen dengan SPF 25 atau 30 sudah cukup baik melindungi wajah.
Itu tadi serangkaian skincare yang basic banget, yang basic aja udah panjang ya kalo menurut saya hehe. Kunci menggunakan skincare sih katanya adalah rutin alias continue, gak boleh setengah setengah, hari ini rajin besok besoknya males, hehe. Dan yang perlu diingat setiap orang memiliki kecocokan yang berbeda pada masing masing skincar, misalnya saya cocok menggunakan skincare A, belum tentu orang lain ikutan cocok, jadi dicoba cobain aja dulu mana yang gak cocok diganti, mana yang cocok ya diterusin hehe.

Selanjutnya semoga saya bisa posting skincare sederhana saya yang baru 1 tahun terakhir ini saya pake, tapi ya itu dia penyakitnya, kadang rajin kadang males, padahal sudah membulatkan tekad sebenarnya demi #menujukinclong2016 hehe. Semngatt!!!

No comments: