Monday, September 23, 2013

ngeASI dengan Benar Yuks

Assalamualaikum...

Alhamdulillah sampe hari ini saya tetep bisa ngaASI ke abiy, dan abiy pun makin hari makin pinter nenen nya. Dari sejak abiy lahir sampe sekarang saya masih terus belajar menyusui yang benar. yang awalnya baby abiy sempet pake acara nangis dan teriak teriak kalo mau nen karna masih belum bisa menghisap dengan benar, lepas lepas mulu sampe dan sekarang yang udah bisa narik narik baju saya kalo mau enen. Posisi menyusui pun saya masih belajar cari posisi yang pewe buat abiy dan saya. Mulai dari yang mesti pake bantal dulu abiy nya sampe skarang yang udah bisa tanpa bantal. Buat saya, posisi menyusui sangat mempengaruhi kenyamanan saya dan baby abiy serta kuantitas asi yang di minum abiy bisa optimal. Posisi yang benar juga dapat mencegah sakit dan lecetnya puting, jadi kalo ketika menyusui saya ngerasa sakit, itu berarti posisi pelekatan (latch on) nya belum benar. Idealnya stiap kali menyusui bayi mengosongkan 1 payudara sehingga asi yang baru dapat diproduksi lagi..

Yang dapat kita lakukan antara lain :
  1. Bagi ibu, duduk dengan posisi yang senyaman mungkin, memakai pakaian yang ringan dan juga mudah untuk dibuka sehingga bayi pun mudah menyusui.
  2. Ibu memegang bayi dengan posisi yang berhadap-hadapan antara dada dengan dada (dada ibu dan dada bayi). Tangan ibu menopang kepala dan badan bayi. Jika agak susah, boleh juga menggunakan bantal di pangkuan ibu atau pada kepala bayi. Namun bila nyaman menyusui tanpa bantal, maka bantal tak perlu
  3. Tips posisi menyusui yang benar adalah jangan sampai kepala bayi memutar ke badan ibu, kebayang kan susahnya bayi kita minum dengan posisi kepala yang miring. Hidung bayi menghadap ke puting ibu. Posisi telinga, lengan, dan pinggul bayi sejajar. Agar hidung bayi tidak tertutup, kita dapat memposisikan tangan mendorong sedikit pantat bayi sehingga kepala bayi agak menengak sehingga hidung tidak terbuka
  4. Pada saat mulut bayi telah terbuka lebar untuk menyusui, dekatkan badan bayi ke arah PD ibu (bukan ibu yang mendekatkan badannya)
  5. Dagu bayi menempel ke PD ibu
  6. Seluruh aerola (bagian lingkar hitam) harus masuk ke mulut bayi karena lidah bayi harus menekan aerola sehingga asi dapat dikeluarkan
Dengan latch on yang benar bayi dapat mengeluarkan asi dengan optimal (dibutuhkan waktu skitar 5-10 menit). Dan yang terpenting, biarkan bayi menyusui sampe kenyang, tandanya kalo baby abiy udah kenyang maka abiy akan melepaskan sendiri PD saya, kalo belum kenyang gak akan lepas walo saya tarik tarik hehe..

Abiy, 2 months
Wajah kenyang sehabis menyusui
Wassalam ^__*

No comments: