Sunday, September 1, 2013

Cerita Bersalin

Salam...

21 Juli 2013, Alhamdulillah baby boy yang slama ini hanya bisa diliat stiap sebulan sekali lewat usg akhirnya bisa dipeluk dicium ditimang, Gimana rasanya melahirkan?Luarrr biasaaa!!! :))
HPL aku tanggal 23 Juli (selasa), deg degan karna sampe hari jumat 19 Juli belum ada tanda tanda, degdegannya kenapa?karna aku takut disuruh cecar, soalnya kalo denger cerita temen2 kalo udah lewat HPL (40 weeks) biasanya baby di cek, kalo masih oke, dokter akan menunggu sampe seminggu lagi, tapi kalo misalnya posisi baby sungsang/melintang, kelilit tali pusar, ketuban berkurang, atau terjadi pengapuran pada plasenta, dokter akan mengambil tindakan cecar..nah, yang kek gini nih yang bikin deg degan, karna aku berharap banget bisa lahiran normal, setelah sebelumnya kasus plasenta previa yang juga harus membuatku siaga kalo kalo terjadi pendarahan sehingga harus di cecar..

20 juli 2013
Sabtu pagi skitar jam 9 pagi aku ngerasa perut gak enak kayak kalo mau mens, trus aku sms si ibu buat jaga jaga siapa tau aku tiba tiba mules soalnya suami lagi on duty, jadwal off suami skalian nyambung cuti baru tanggal 23juli, belum lagi suami yang kena cacar air disana, jadi walo lagi on duty tetep gak bisa kerja karna disuruh istirahat sama dokter perusahaan, tapi mau pulang juga gak bisa karna lagi dalam masa on duty dan walo pulang tetep aja gak bisa nemenin aku karna khawatir cacar air menular ke baby, pokoknya mengharu biru lah nih cerita pak suami, sampe 20 juli siang perut masih terasa gak nyaman dan keluar lendir bening sedikit sedikit, akhirnya aku mutusin untuk kontrol ke dokter sorenya, jam 5 nyampe dokter dapet giliran stelah tarawih skitar jam 9an (soalnya jam 6-8 break karna  dokter mo berbuka n sholat tarawih). Aku di cek belum ada pembukaan, dan cairan yang keluar bukan ketuban cuman lendir aja, kata dokternya baby masih agak jauh dari mulut rahim jadi bisa bisa perkiraan melahirkannya seminggu lagi, whaatt?? Pulang nyampe rumah aku laper trus makan, trus telponan sama suami sampe jam 11 malem, nyoba mejemin mata gak bisa sampe jam 12 malem (00.00) tiba tiba perut mules

21 Juli 2013
00.00, perut tiba tiba mules, sakit tapi masih bisa ketahan. Aku hitung frekuensinya masih jarang jarang, dengan jeda waktu yang acak. Ku pikir ah ini pasti kontraksi palsu, jadi kubawa tidur aja, tapi gak bisa tidur. 
03.00, keluar darah dikit, perut makin tambah sakit hampir 5 menit sekali. Dibawa tiduran salah, berdiri salah, duduk gak kuat, jalan apalagi. Masih nyempetin makan nasi pake telor rebus tapi udah gak konsen lagi karna makin lama rasanya makin sakit. Akhirnya skitar jam stengah 5 an kita berangkat ke dokter
05.00, nyampe klinik langsung di observasi. dan bu bidannya bilang, bu, udah bukaan 9! whaatt???9??? si bidan langsung nelpon dokter dan ternyata yang angkat telponnya istri pak dokter dan bilang pak dokternya masih di masjid. Huaaa, prasaan tambah gak karuan, selang berapa menit pak dokter yang belum dateng dateng juga ini ditelpon lagi sama bidannya, dan dokternya bilang masih dalam perjalanan. Tiba tiba rasa pengen ngeden dateng, dan bidannya bilang, sabar bu, jangan di eden dulu ya bu pembukaannya belum sempurna, nanti robek. Pikirku duuh lamanya pak dokter sampe sampe aku bilang ke bidannya, bidan kalo dokternya masih lama saya lahiran sama bidan aja gak pa pa deh! bidan cuma bilang sabar dan aku disuruh belajar ngeden dulu. Ketuban aku yang belum pecah akhirnya dipecahin, pake sesuatu entah apa yang dimasukin dan puusss!!!kayak balon pecah langsung air ketubannya muncrat kemana mana. Trus aku disuruh miring ke kiri biar bayinya cepet turun.
07.10, Gak lama kemudian pak dokter dateng. Yap, inilah saat yang dinanti nanti, hasrat pengen ngeden makin gak ketahan, saat ngeden mata harus melek gak boleh mejem biar gak terjadi pecah pembuluh darah mata (dari yang ku baca), tarik nafas yang panjang lalu ngeden, kepala harus diangkat dan mata melihat ke arah perut, yap begitulah berulang ulang sampe keluarlah baby mungil ku. Pas keluar, baby abiy gak bersuara donk, ternyata stelah tali pusarnya dipotong barulah oeekk oeekk dengan kerasnya..alhamdulillah...dan baby abiy langsung diazanin sama ayah mertua.. O ya, plasenta yang katanya hampir menutupi jalan lahirku ternyata ukurannya kecil, pas dokter narik keluar plasentanya dia sempet bilang, oalah bu ternyata plasenta previa yang ibu khawatirin ukurannya kecil! -_-"

Ketika persalinan aku didampingi ibuku dan ibu mertua, jadi tangan kiri pegangan ma tangan si ibu, tangan kanan sama ibu mertua. Dan bagaimana kabar pak suami? bapak suami yang sedang terkena cacar air dan diistirahatkan seminggu oleh pihak kantor ini tidur pulas donk gak tau istrinya dan baby abiy sedang berjuang. Dari jam 4 subuh ditelpon telpon hp nya gak aktif, dan skitar jam 9an barulah beliau menelpon balik dengan penuh rasa bersalah hihiii...

^_*





2 comments:

Yena Ruktianawati Nuswantari said...

hahahahha... aku langsung ngekek gak tertahankan mbak mbaca cerita seru ini.. wah,, hebat sekali ya mbak Riz dan dedek Abiy.. huhuhu pasti jadi kenangan yang gak akan pernah terlupakan.. kereeeeennnnnn

Rezki Anggita said...

iyaa dek..gak kan terlupakan hehe..