Friday, September 7, 2012

Stop Low Density Lipoprotein (LDL)

Assalamualaikum...

Posting pertama di bulan September... ;p

September ini saya 'terpaksa' nutup mata sama makanan yang enyak enyak 'versi saya' ;(
Diawali dengan gak nyangka nya saya kalo kadar kolesterol saya cukup tinggi. Hasil medical cek up yang terus terang gak pernah saya lakuin selama ini _sok kepedean badan sehat ;( _ya jadinya begini ini ni, pas di cek koq kolesterol saya diatas 200 mg/dl, padahal kadar total kolesterol darah yang normal di bawah 200mg/dl (ini hasil tanya dokter dan baca buku), dan saya? sukses jeleknya di atas 200 mg/dl (malu nyebut nilai totalnya, karna dokternya aja sampe ngomong "haduuh, ini ko usia baru 26 kolesterolnya segini, gak pernah ngontrol makan ya slama ini?!?", dan saya cuma bisa : -_-""

Hasil medical cek up ini mau gak mau ya bikin kepikiran jugak. Busyet dah gue slama ini emang pemakan segala, penggila yang manis manis, suka kalap sama yang namanya cemilan, penggemar berat seafood, makanan berlemak, maniak susu, gak bisa makan telor tanpa kuningnya karna kuningnya itulah yang enak, lebih suka smua yang ditumis dari pada di rebus/masak bening ,..dan bla bla bla.. -_-"; ya mesti gimana lagi jugak, habis smuanyaah enyaak sih! -_-" ditambah lagi dengan riwayat malesnya olahraga padahal dirumah treatmill ada! hadeeuuh..lengkap sudah! -_-"
Pas pulang medical cek up langsung ngoprak ngaprik lemari buku buku nyang ada dirumah, dan ketemu lah si dia iniih...

punya si bapak yang punya buanyaak banget koleksi buku buku kesehatan, hemm batin gue 'padahal lemari ini surganya buku buku kesehatan, tapi sama sekali gak pernah gue baca', how poor am i! -_-"

Lalu mulailah baca baca isi buku ini, beberapa isinya bisa saya kutip sperti inih :

Dari segi ilmu kimia, kolesterol adalah senyawa lemak kompleks yang dihasilkan oleh tubuh untuk bermacam macam fungsi, seperti membuat hormon seks, adrenal, membentuk dinding sel dll.Karna pentingnya kolesterol ini, maka tubuh membuatnya sendiri didalam hati (liver). Kolesterolndalam makanan yang kita makan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Sejauh pemasukan ini seimbang dengan kebutuhan tubuh, tubuh kita akan tetap sehat. tetapi sangat disayangkan, kebanyakan dari kita memasukkan kolesterol lebih dari apa yang diperlukan, yaitu dengan makan makanan yang mengandung lemak yang kaya kolesterol dengan jumlah yang berlebihan.

Profil lemak:
>LDL (low Density Lipoprotein), yang mengangkut paling banyak kolesterol didalam darah. LDL dinamakan kolesterol darah, karna kadar LDL yang tinggi menyebabkan mengendapnya kolesterol dalam arteri
>>HDL (High Density Lipoprotein), mengangkut kolesterol lebih sedikit. HDL disebut kolesterol baik, karna dapat membuang kelebihan kolesterol jahat di arteri kembali ke liver untuk diproses dan dibuang.

National Institute of health USA menetapkan :
> Kadar total kolesterol darah yang diingini = 200 mg/dl atau kurang
>> Kadar total kolesterol darah sedang / ambang batas tinggi = 200-239 mg/dl
>>> Kadar total kolesterol darah tinggi = 240 mg/dl ke atas

Untuk itu, DIIT diperlukan untuk memperbaiki kadar kolesterol dalam darah !!!!
Sebagai panduan umum, dapat diikuti pemilihan bahan makanan seperti berikut :
1. Minum susu non-fat
2. ganti mentega dengan margarine dari tumbuh tumbuhan
3. hindari makanan yang digoreng dengan minyak asal tumbuh tumbuhan seperti minyak kelapa dan minyak palem
4. Hindari lemak untuk masak yang padat misalnya minyak yang dikeraskan (hidrogenic) seperti minyak kedele atau minyak biji kapas
5. Ganti es krim dengan serbat atau yoghurt yang rendah lemak
6. Hilangkan lemak disekeliling daging, artinya makanlah daging rendah lemak (lean meat)
7. Hindari produk yang mengandung lemak amat tinggi, seperti hamburger dll
8. makanlah ayam tanpa kulit dan ikan lebih sering
9. Ganti cemilan tinggi lemak -seperti potato chips, kacang goreng, kue kue- dengan buah buahan segar
10. Makanlah pecel dengan saus yang sedikit mengandung kacang
11. Hindari roti komersial hasil bakery seperti kue dan pie
12. pakailah minyak dari tumbuh tumbuhan seperti canola, bunga matahari, jagung, kedele, olive untuk memasak, menggoreng dan membakar
13. Wajib hindari jerohan seperti hati, otak, dan ginjal
14. Kurangi konsumsi kuning telur menjadi 1-2 per minggu
15. Rutinlah berolahraga !!!

Memilih makanan bebas kolesterol sangat dianjurkan guna mencegah serangan jantung dan stroke!


hohooo...kira kira poin yang saya bold kan dari isi buku tadi ya sperti itu. Hemm, jadi sayah harus sekuat tenaga menahan hasrat memakan smua makanan kesukaan sperti yang saya bilang tadi. Boleh boleh aja sih kalo dikonsumsi, tapi gak boleh sembarangan lagi, sedikit ajah, jangan berlebihan, yaah intinya mah nyadar diri lah kalo badan udah kayak gini !!! Haaaahhh...cepet turun donk kolesterol!!! dan smoga saya bisaa!!! Cayyyooo!!!! ^__*

Wassalam...

No comments: