Wednesday, June 22, 2011

i like chocolate

I like chocolate..dan sambil menulis blog ini, saya pun sedang menikmati coklat kesukaan saya ;-D
 Saya lebih suka coklat batangan, smakin keras coklatnya malah saya smakin suka, saya juga suka rasa coklat yang sdikit pahit, jadi bukan coklat yang manis banget, soalnya buat saya, coklat yang sedikit keras & pahit itu memiliki sensasi lebih distiap gigitannya gitu de hehe,,.
 

Kata orang, coklat bisa memperbaiki mood kita. Kalo mood nya lagi jelek, bagusnya makan coklat, haha,iya gak si?? Tapi buat saya, itu ada benernya juga lo, coklat itu kan mengandung senyawa alkaloid seperti teobromin, fenetilamina, dan anandamida, yang memiliki efek fisiologis untuk tubuh. Senyawa senyawa alkaloid tersebut bisa meningkatkan hormon serotonin dan phenylethylamine dalam tubuh,,naahh, hormon ini adalah hormon yang bisa membangkitkan perasaan rileks, tenang, nyaman sehingga mood diri kita menjadi baik.. Selain itu juga, coklat mengandung polyphenol. Polyphenol berkhasiat sebagai antioksidan yang melindungi pembuluh darah dari efek radikal bebas yang bisa mengakibatkan arteroskleriosis atau penyumbatan pembuluh darah. Jadi dengan mengkonsumsi coklat membuat aliran darah&oksigen khususnya ke otak jadi lancar..Makanya kalo lagi ngerasa mumet, capek ato bad mood, biasanya coklat jadi cemilan favorit saya ;-D 

teobromin 
anandamida

hormon serotonin
 Kandungan Fenol dalam coklat juga berkhasiat sebagai antioksidan yang dapat mengurangi kolesterol pada darah sehingga mengurangi risiko serangan jantung, mencegah kanker, mencegah stroke dan darah tinggi

fenol

Buat yang suka coklat,,gak usah takut gemuk juga,,*asal ngemil nya masih dalam batas yang wajar tentunya*,,karna sebenarnya makan coklat dengan porsi wajar gak jadi sebagai penyumbang “kegemukan” buat tubuh, yaa karna pola hidup & makan yang gak sehatlah yang jadi pangkal kegemukan ;-D
Kita nikmati coklat yuukk,, :-D
 
 

No comments: